Teknik Jitu Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik


Mau tahu Cara menanam kacang merah, Cara menanam kacang merah di polybag, Cara menanam kacang merah di pot, Cara menanam kacang merah media kapas, Cara menanam kacang merah di media kapas, Cara menanam kacang merah di gelas plastik, Cara menanam kacang merah dengan kapas, Cara menanam kacang merah dengan cepat, Cara menanam kacang merah di botol, Cara menanam kacang merah yang baik. Berikut cara caranya.



Pengolahan Lahan Tanam

Sebelum memulai budidaya tentunya hal yang harus dilakukan ialah pengolahan lahan. Lahan yang akan ditanami kacang merah sebaiknya di bajak terlebih dahulu dengan cangkul agar didapatkan tekstur tanah yang lebih gembur . Selanjutnya buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm dan lebar 100 cm serta jarak antar bedengan 40 cm. Antara bedengan dibuat parit dengan lebar 25 cm supaya sistem drainase bila hujan datang tidak akan meninggalkan genangan pada lahan pertanaman. Selanjutnya dilakukan pemasangan mulsa pada lahan. Setelah ditanam mulsa lalu dibolongi untuk mempermudah proses pertanaman.



Penanaman


Tanaman kacang merah sebaiknya ditanam menjelang musim hujan antar bulan November sampai Desember, dikarenakan tanaman kacang merah memerlukan curah hujan yang tinggi. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan tugal dengan kedalaman 3-5 cm dengan jarak tanam sekitar 40 cm. lalu pada setiap lubang tanam di isi dengan 2 benih dan tutup kembali dengan tanah tipis. Sebelum menanam pastikan benih yang akan ditanam mempunyai kualitas yang unggul dan sudah di rekomendasikan oleh berbagai lembaga seperti dinas pertanian dan sebagainya.



Perawatan Tanaman

Penyulaman

Penyulaman bisa dilakukan disaat tanaman sudah berusia 14 hari. Pada saat tanaman berusia 14 hari benih sudah mulai tumbuh tunas. Cek seluruh tanaman yang ada dilahan jika didapatkan tanaman yang tumbuh tidak normal atau mungkin tidak tumbuh segera diganti dengan benih yang baru. Proses  penyulaman harus dilakukan benar-benar teliti supaya mendapatkan hasil panen yang maksimal nantinya.

Pemupukan

Proses pemupukan susulan dilakukan ketika tanaman berusia 21 hari. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan Pupuk Organik AGRODYKE  pada lahan agar didapat hasil yang sehat dan berkesinambungan dengan pertanian berkelanjutan karena menggunakan pupuk organik.Untuk cara pemupukannya bisa di download DISINI



Pemanenan

Pemanenan kacang merah bisa dilakukan disaat tanaman sudah berusia 2 bulan lebih. Tanda-tanda yang menandakan bahwa tanaman kacang merah sudah siap untuk dipanen yaitu polong kacang merah telah berwarna kusam, kulit polong tampak lebih kasar, polong kacang merah belum terlalu menonjol. Apabila tanaman kacang merah sudah menunjukan tanda-tanda tersebut artinya kacang merah telah siap untuk dipanen. Cara pemanenan kacang merah juga tidak sembarangan. Kacang merah hanya dapat dipanen dengan menggunakan tangan kosong. Hindari pemanenan kacang merah dengan menggunakan alat potong sebab apabila polong terbuka akibat penggunaan alat potong yang terjadi ialah bakteri dari luar bisa merusak biji kacang merah dan jelas kualitas kacang merah menurun. Proses pemanenan bisa dilakukan setiap 3 hari sekali sampai usia tanaman kacang merah 3 bulan.

Demikianlah Teknik Jitu Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik, Apabila anda butuh konsultasi seputar Pupuk Organik AGRODYKE, Silahkan hubungi kami di 0812 1975 2453
Dan kunjungi web kami lainnya DISINI
Share on Google Plus

About Pupuk Agrodyke

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar